Minggu, 10 Juni 2012

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran berlokasi di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngobaran merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah. Dari kota Wonosari sendiri berjarak kurang lebih 35 km ke arah selatan.

Bila dari arah Yogyakarta sekitar 65 kilometer jaraknya untuk bisa sampai Ngobaran. Bila menelusuri jalan Yogyakarta - Wonosari maka bila sampai lapangan terbang Gading belok ke kanan menuju Kecamatan Playen, Paliyan. Dari Kecamatan Paliyan terus ke selatan menuju Trowono melewati PUSIKLAT TNI AD dan melewati hutan SODONG yang jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Di daerah Sodong masih bisa kita temui hewan kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk Trowono akan melewati telaga Namberan sebagai cadangan air masyarakat Trowono dan sekitarnya khususnya unruk minuman ternak, mandi dan cuci pakaian. Masuk Pasar Trowono langsung ke selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit, berkelok-kelok melewati Kelurahan Kanigoro Saptosari. Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di Ngobaran. Sebelum masuk Ngobaran dan Ngrenehan ada persimpangan jalan yang mana belok ke kiri menuju Ngrenehan dan bila belok ke kanan menuju Pantai Ngobaran. Sesampai di Ngobaran akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, dari atas bukit kita bisa melihat laut yang sangat luas dengan ombak yang bergulung-gulung.

Keunikan Pantai Ngobaran yang membedakan dengan pantai-pantai di Wonosari lainnya adalah terdapatnya pura dan patung-patung Kejawen di pantai ini. Tebing-tebing karang yang indah mengingatkan kita pada Uluwatu Bali. Di pinggir pantai ada hamparan batu cadas yang sangat indah dimana sebagian masyarakat mencari rejeki dengan memungut rumput laut untuk dijual sebagai tambahan penghasilan. Sebagian penduduk juga ada yang membuat warung makan dan jasa kamar kecil untuk mandi dan cuci

Ketika liburan Paskah saya sempat berlibur kesana bersama pacar saya dan pesona alam di Pantai Ngobaran sangat bagus serasa berlibur di Bali. Karena selama saya bermain di pantai sekitar Gunungkidul, saya baru menemui pantai yang menyuguhkan suasana layaknya di Bali ya hanya di Pantai Ngobaran. Berikut moment-moment saya di Pantai Ngobaran :