Selasa, 12 Juni 2012

Pantai Sepanjang


     Pantai Sepanjang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini disebut Pantai Sepanjang karena memiliki garis pantai yang sangat panjang dibandingkan pantai-pantai yang berada di Gunungkidul. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan belum ternoda. Pantai Sepanjang bisa dibilang pantai yang masih baru karena akses jalan untuk menuju pantai tersebut belum beraspal dan masih agak "gronjal" atau masih agak berbatu. Jika kita berlibur ke pantai ini rasanya sangat nyaman sekali sembari menikmati deburan ombak yang berlomba seakan mendatangi kita, begitu juga angin yang sepoi-sepoi yang membuat jiwa kita menjadi tenang. Pantai Sepanjang tidak panas karena di sepanjang pantai ini terdapat pohon-pohon palem sehingga kita akan merasa sejuk jika berada di bawahnya.






      Ketika air laut surut maka karang-karang yang berda di bibir pantai akan nampak. Nah, ceruk-ceruk yang yang terbentuk diantara karang-karang tersebut menjadi habitat aneka ragam biota laut. Dengan adanya hal ini maka para pengunjung bisa memanfaatkan untuk menemukan atau mencari biota laut, seperti : rumput laut, kerang-kerangan, bintang laut, ganggang laut, landak laut dan bulu babi. Namun di dalam mencari biota-biota tersebut terkhusus bulu babi, para pengunjung dimohon berhati-hari karena biota ini mrengsndung rscun. Selain dari pengunjung, kondisi ini juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar yang nantinya biota-biota tersebut dimasak dan dijual untuk pengunjung maupun untuk konsumsi sendiri. 


Adanya tebing karang di pantai ini mengingatkan kita pada Pantai Kuta di Bali. Karang ini sangat mirip dengan karang yang berda di Pantai Kuta, banyak orang yang menyebut pantai ini dengan Kuta tempo dulu. Untuk menikmati nuansa Pantai Kuta tempo dulu maka Pantai Sepanjang adalah solusinya. Dengan menikmati indahnya pantai maupun berjemur di atas pasir yang menikmati terik matahari membuat kita layaknya berlibur di Pantai Kuta.

Nah untuk kalian yang masih penasaran akan Pantai Sepanjang ini, berikut ada video tentang gambaran pantai ini. Selamat menikmati.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar