Kamis, 14 Juni 2012

Pantai Siung



Untuk pantai selanjutnya kita akan perkenalkan Pantai Siung. Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai ini sudah tidak segaris dengan Pantai Baron, Kukup, Krakal, dkk karena letaknya sudah agak jauh dari pantai-pantai tersebut. Untuk mencapai pantai ini banyak tantangan yang perlu kita lalui, mulai dari tanjakan, tikungan tajam yang kadang disertai turunan hingga panas terik yang menerpa kulit saat melalui jalan yang dikelilingi perbukitan kapur dan ladang-ladang palawija. Rasa lelah selama menempuh perjalanan yang agak jauh, terobati dengan menikmati birunya ait laut dan pasir putih yang masih terjaga kebersihannya.

Pantai Siung mempunyai pasir putih yang terhampar. Terdapat batas yang jelas antara pasir putih dengan area pantai yang terndam air laut, yang berupa batuan karang yang di permukaannya ditumbuhi berbagai jenis ganggang (algae). Keindahan berbagai jenis ganggang seperti sia-sia karena Pantai Siung sudah sangat sering dikunjungi para wisatawan, sehingga gaggang-ganggang yang ada di sana kebanyakan terlihat kusam dan berwarna kecoklatan. Disana kita juga bisa menemui berbagai biota laut yang hidup dan bersembunyi di antara batuan karang di sana.



Di sebelah timur Pantai Siung, terdapat bukit yang dapat dinaiki dengan jalan setapak. Dari atas bukit tersebut, kita dapat memandang keindahan Pantai Siung sendiri.
Yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini yaitu banyaknya tebing karang yang menjulang mengelilingi pantai ini. Dengan banyaknya pesona tebing karang yang ada, maka panti ini sering disebut sebagai wisata minat khusus panjat tebing. Bahkan di tahun 2005 kemarin, di pantai ini diselenggarakan Asian Climbing Gathering, yang diikutu oleh 80 peserta dari 15 negara di Asia.

Jika pengunjung lapar dan ingin makan tidak perlu khawatir karena di Pantai Siung terdapat beberapa warung makan yang menawarkan beberapa macam menu makanan, diantaranya bakso, mie ayam dan menu makanan berupa ikan laut. Kadang-kadang di sore hari kita juga menemui nelayan yang baru saja pulang dari melaut, sehingga jika kita ingin membeli ikan, kita bisa langsung membeli ikan dari nelayan tersebut.

Nah agar kalian tidak penasaran, berikut ada video tentang Pantai Siung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar