Kamis, 14 Juni 2012

Pantai Wediombo


     Pantai Wediombo berasal dari bahasa jawa yaitu wedi : pasir dan ombo : luas sehingga berarti pasir yang luas. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo merupakan pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan yang berwarna hijau subur dan landai. Ini dapat dilihat secara terbuka baik dari atas perbukitan maupun dari pesisir pantai. Selain itu, pantai ini juga menghadap ke barat sehingga jika kita main kesana sore hari dapat melihat sunset yang indah. Pantai Wediombo ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas dan memiliki gugusan karang dengan bentuk yang unik-unik. Batu karang yangmenjorok ke laut tersebut biasa digunakan oleh para pemancing untuk mengail ikan.

    Udara di Pantai Wediombo sendiri sangat sejuk sehingga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma. Bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing pun juga bisa memancing di pantai ini karena pada saat-saat tertentu banyak muncul ikan panjo di sepanjang pantai. Di Pantai Wediombo juga bisa digunkan untuk kegiatan hiking. Selain itu, juga bisa untuk berkemah karena lingkungan sekitar yang tenang dan sangat mendukung.
Berbeda dengan pantai-pantai yang lain yang biasanya panas menyengat, di Pantai Wediombo hal tersebut tidak akan terjadi. Hal ini dikarenakan di sekitar pantai terdapat banyak pohon yang sangat rindang. Pohon-pohon di sekitar pantai ini biasa digunakan sebagai tempat berteduh bagi para wisatawan setelah lelah bermain dengan pasir maupun ombak.

Setiap satu sekali di Pantai Wediombo selalu digelar adat budaya ngalangi yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar yang terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jarring yang dipancangkan dari bukit Kedungdowok dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat.



Berikut saya sajikan video tentang Pantai Wediombo.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar